Sabtu, 11 Agustus 2012

DIVYA AMANTA KUNCORO Lahir (part 1)

     Tahun 2012, mmm... tahun ini alhamdulillah tahun yang membahagiakan, suami saya sembuh dari cedera dan kami telah dianugerahi putri cantik bernama DIVYA AMANTA KUNCORO yang berusia 16 bln. rasanya setahun  kemaren hidup kami dalam titik terendah, sekarang perlahan-lahan mulai naik. Kalau menoleh kebelakang melihat pengalaman tahun 2010 rasanya kami bangga bisa melewati cobaan demi cobaan. 

     DIVYA lahir tanggal 4 April 2011 di RS Kemang Medical Care (KMC), Jakarta Timur, dengan berat 3,2 kg tepat pukul 20.00 WIB. saat proses kelahiran saya ditemani ibu dan suami. Sebenarnya Sony ada pertandingan di Australia tapi setelah mendarat di bandara Australia, dia memutuskan kembali ke Indonesia untuk menemani saya melahirkan. maaf ya PBSI, suami saya harus pulang. Sony sangat ingin menemani saya melahirkan karena pengalaman kehilangan anak pertama kami jadi benar2 dia merasa harus ada di samping saya. 

    semalam sebelum kelahiran Sony berbisik ke bay yang ada di dalam perut saya, dia bilang "nak tunggu seminggu lagi ya di perut mama, papa mau tanding dulu". batin saya "haaahhh seminggu lagi" sungguh badan saya uda bengkak kayak gajah, selangkangan saya uda sakit banget, tidur ngga enak, jalan uda ngos2an, disuruh bertahan seminggu lagi..... Oh noo.. pa. Sore hari nya Sony harus berangkat, meskipun baru kali ini saya ngga ikhlas Sony berangkat tanding (sorry pa..). Saya di rumah ditemani mertua.

     Malam saya tidur sendiri, tiba2 jam 3.00 pagi seperti ada balon meletus tapi tidak bersuara di perut saya, ternyata air ketuban saya pecah. akhirnya saya ke RS KMC ditemani ibu mertua dan supir. saya belum merasakan mules sama sekali. setelah di RS saya di suruh cuma tiduran karena air ketuban saya uda pecah, klo saya posisi berdiri atau tegak bisa2 air ketuban cepat habis padahal air ketuban sangat penting dalam proses kelahiran supaya keluarnya bayi licin ngga keset. sampai jam 12.00 siang saya tidak merasakan mules sama sekali. Setiap jam suster memeriksa detak jantung bayi dan memeriksa tekanan darah saya. 

    Dokter yang menangani saya di RS KMC adalah dr. Agung, beliau adalah dokter yang santun dan menenangkan, cocok untuk ibu2 hamil yang seperti saya yang bawel dan panikan. Beliau selalu sabar menjawab semua pertanyaan saya dan suami baik melalui sms atau saat kontrol kehamilan. dr. Agung juga sering memberi saya rasa optimis dan ketenangan tentang kehamilan saya. Sejak awal saya kontrol ke dr. Agung, saya berpesan klo saya sangat ingin melahirkan normal. Saat detik2 melahirkan pun beliau juga kasih semangat kalau saya bisa lahir normal, tapi dilihat dari kasus saya, ketuban sudah pecah dulu ditunggu sampe 12 jam klo tidak ada mules atau kontraksi maka saya di suntik induksi gunanya untuk merangsang kontraksi. Tapi kalau sampe 24 jam setelah pecah ketuban, saya masih juga tidak melahirkan maka saya harus operasi sc. 

    Tepat pukul 12.00 WIB ibu saya datang, alhamdulillah saya bahagia sekali, rasanya tenang ada ibu di sisi saya. bukannya ngga enak di jaga mertua tapi sungkannya itu lho.. hahahaha.. klo ama ibu sendiri kan bisa minta ini itu sakarepku hehehe.. masih juga ngga ada kontraksi. Akhirnya jam 14.00 WIB dr. Agung datang dan mulai menginduksi saya lewat selang infus. awalnya klo ngga salah cuma 6 tetes per 1 menit tapi ngga mules2 akhirnya di tambahi jadi 12 tetes. Yang ini saya ngga yakin berapa tetesannya saya lupaa. jadi asal nulis aja, kira2 segitu lah.. 
  
    Di saat menegangkan dr. Agung memuji saya di depan ibu mertua dan ibu saya klo "anaknya ini mandiri banget, berani ke rumah sakit sendiri, kontrol kehamilan saat suaminya sedang tanding, semua keperluan kelahiran di urus sendiri, saya senang punya pasien ibu gading" hahahaha langsung GR saya, kata2 dokter membuat saya lebih kuat dan yakin bisa melahirkan normal  (suumppah dok..). Benernya klo di puji ngga pas mau melahirkan gini perasaan saya ya biasa aja hehehe. Tapi memang benar, beberapa kali saya kontrol ke dokter tanpa suami saya :(, saat saya tes detak jantung janin pun saya sendiri. padahal sebelah saya ibu2 juga sedang tes detak jantung di temani suaminya, tapi saya nekat aja sendiri lha wong kepepet...

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar